14 March 2022

Wakil Bupati Deli Serdang H. M. Ali Yusuf Siregar : Pemkab Deli Serdang Akan terus Mendukung Program Penurunan dan Pengendalian Angka Stunting

Lubuk Pakam  

Wakil Bupati Deli Serdang HM. Ali Yusuf Siregar sambut langsung kunjungan kerja Kepala BKKBN RI Kepala BKKBN RI DR.(HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K). Dalam rangka Deklarasi Tim Pendamping Keluarga se Kabupaten Deli Serdang sekaligus Pencanangan Bakti Sosial Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Bangga Kencana Kesehatan Tahun 2022 yang ditandai dengan pemukulan gong, di Balairung Pemkab Deli Serdang. Kamis (10/3/2022).

Hadir pada acara tersebut, Deputi Lalitbang BKKBN RI Prof. DRH. M. Rizal Martua Damanik, M.Rep.Sc, Ph d., Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara Muhammad Irzal, SE, ME., Anggota DPRD Kab. Deli Serdang Ibu Sa'adah Lubis, Ketua TP PKK Kab. Deli Serdang Ny. Hj. Yunita Ashari Tambunan, Wakil Ketua TP PKK Kab. Deli Serdang Ny. Hj. Sri Pepeni Yusuf Siregar, Ketua Dharma Wanita Ny. Herawati Darwin Zein, Kasdim 0204/DS Mayor Inf Toto Trianto.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Deli Serdang HMA Yusuf Siregar menyampaikan, bahwa Pemerintah Kabupaten Deli Serdang akan terus mendorong dan mendukung keberhasilan program KB kesehatan di daerah ini, melalui berbagai program yang bersinergi termasuk program penurunan dan pengendalian angka stunting di Kabupaten Deli Serdang.

“ Kita harus terus melakukan perbaikan, untuk peningkatan kesejahteraan warga dengan membangun sektor - sektor strategis guna menjawab tuntutan perbaikan kehidupan warga yang cenderung semakin tinggi bahkan semakin kompleks. Karena itu, momentum kebersamaan dan semangat gotong royong warga bagi upaya percepatan pembangunan daerah yang sudah dikembangkan selama ini harus dapat dijaga, dipelihara dan dipertahankan,” ucapnya.

Wabup juga mengatakan, dengan kebersamaan kita didaerah ini Deli Serdang akan tampil menjadi salah satu daerah yang maju di Sumatera Utara, warga masyarakat di wilayah ini tampil di barisan terdepan untuk menjawab tantangan yang akan muncul silih berganti.

“ Melalui tema Bakti Sosial IBI Bangga Kencana,Kesehatan Tahun 2022 Kabupaten Deli Serdang Kita Tingkatkan pelayanan KB persalinan dalam rangka menurunkan dan mengendalikan angka stunting di  Sumatera Utara khususnya di Kabupaten Deli Serdang,” kata Wabup HMA Yusuf Siregar.

Sementara, Kepala BKKBN RI DR.(HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) mengatakan, berdasarkan pendataan keluarga tahun 2021, angka TFR Sumatera Utara sebesar 2,60. hal ini masih jauh target yang diharapkan yaitu 2,16. sedangkan angka prevalensi stunting Sumatera Utara sebesar 25,8.angka ini cukup jauh dari harapan Bapak Presiden yaitu 14 % pada tahun 2024 (SSGI 2021). Namun angka prevalensi stunting di Kabupaten Deli Serdang sudah mencapai 12,5 %. angka terendah prevalensi stunting dari 33 Kabupaten Kota di Sumatera Utara.

Sebelumnya Kadis P3AP2KB Era Permata Sari SH,MM dalam laporannya menjelaskan maksud dilaksanakannya kegiatan ini untuk meningkatkan komitmen pemangku kepentingan dan penentu kebijakan serta pengetahuan, sikap dan perilaku keluarga serta remaja tentang program bangga kencana melalui integrasi edukasi yang melibatkan para pemangku kepentingan atau penentu kebijakan serta mitra kerja di tingkat Provinsi, Kabupaten dan Кота.

Tujuannya yaitu,Terlaksananya peran aktif mitra kerja dalam proses advokasi dan kie program bangga kencana.Tersampaikannya informasi program bangga kencana percepatan penurunan stunting. Menurunnya prevalensi angka stunting di kabupaten deli serdang. Meningkatnya persentase cakupan capaian target program bangga kencana di Kabupaten Deli Serdang. Tersusunnya rencana strategis yang inovatif dan tepat sasaran dalam melaksanakan bangga kencana di lini lapangan secara kolektif dan komprehensif. Tersampaikannya informasi perkembangan tim percepatan penurunan stunting, satgas stunting dan tim pendamping keluarga baik di tingkat Kabupaten maupun Kecamatan.

Acara tersebut dirangkai dengan penyerahan kartu paket data Telkomsel kepada Tim Pendamping Keluarga, serta pengukuhan juang kencana Kabupaten Deli Serdang sekaligus penyerahan petaka.

Turut hadir mendampingi Wakil Bupati Deli Serdang SekdaKab Deli Serdang Darwin Zein, S.Sos., Asisten I Pemerintahan dan Kesra Drs. Citra Effendi Capah, MSP., Para Pimpinan OPD Serta Para Camat se-Kabupaten Deli Serdang.

Berita

Copyrights © 2022 All Rights Reserved
Pemerintah Kabupaten Deli Serdang
portal.deliserdangkab.go.id