Wabup DS Irup Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022

Lubuk Pakam


Rintik hujan mewarnai pelaksanaan Upacara Hari Kesaktian Pancasila di halaman Kantor Bupati Deli Serdang, Sabtu (1/10/2022).

Suasana seperti itu seolah menambah semangat para peserta yang terdiri dari TNI-Polri, ASN Pemkab Deli Serdang, Legiuan Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Deli Serdang, organisasi kepemudaan, pelajar dan Pramuka mengikuti upacara yang juga dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) adalah Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, H. M. Ali Yusuf Siregar.

Pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2022 yang mengangkat tema, "Bangkit Bergerak Bersama Pancasila" tersebut diawali dengan pembacaan teks Pancasila oleh Wakil Bupati Deli Serdang, dilanjutkan dengan pembacaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 oleh Fachri Muhammad dari Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Setdakab Deli Serdang, dan Pembacaan Ikrar oleh Wakil Ketua DPRD Deli Serdang, H Nusantara Tarigan Silangit SE MM.

Ikrar yang dibacakan berbunyi, "Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya, bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, 17 Agustus 1945, pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia".

"Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya menumbangkan Pancasila sebagai ideologi Negara; bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia".

"Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nila-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia". Jakarta, 1 Oktober 2021, Atas Nama Bangsa Indonesia, Ketua DPR RI Dr (HC) Puan Maharani.

Turut hadir pada Upacara Hari Kesaktian Pancasila tersebut, Kapolresta Deli Serdang Kombes Pol Irsan Sinuhaji SIK MH; Kasdim 0204/DS, Mayor Czi TM Panjaitan, Kepala BNNK Deli Serdang, Kombes Pol Muhammad SIK MM; unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah (Sekda) Deli Serdang, Darwin Zein SSos, para staf ahli, asisten, kepala organisasi perangkat daerah (OPD), kepala bagian (kabag), dan lainnya.