14 April 2022

Uji Petik Tanda Kehormatan Satya Lencana Wira Karya, Brigjen Yudy Prastyono: Uraian Ketua TP PKK Deli Serdang Memenuhi Syarat

Lubuk Pakam

Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar menghadiri acara Uji Petik Tanda Kehormatan Satya Lencana Wira Karya (SWK) Program Bangga Kencana di Balairung Pemkab Deli Serdang, Kamis (7/4/2022). 

"Izinkan kami menyampaikan secara ringkas gambaran umum tentang Kabupaten Deli Serdang, yang merupakan salah satu kabupaten terbesar di Provinsi Sumatera Utara. Dengan topografi wilayah terdiri dari daerah pantai, dataran rendah dan tinggi, dengan luas wilayah 2,497.72 kilometer persegi, terdiri dari 22 kecamatan, 380 desa dan 14 kelurahan. Jumlah penduduk 1.931.441 Jiwa, dan ditempatkan sebagai Kawasan Strategis Nasional berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) No. 62 Tahun 2011. Deli Serdang merupakan pintu masuk wilayah Indonesia bagian barat. Melihat tingginya jumlah penduduk dan luas wilayah, Kabupaten Deli Serdang fokus terhadap pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana melalui berbagai Program yang dapat membangun kualitas sumber daya manusia lebih baik lagi," papar Wabup dalam sambutannya. 

Dalam menunjang keberhasilan program tersebut, sambung Wabup, Kabupaten Deli Serdang bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten Deli Serdang melakukan berbagai Inovasi, yakni Program Ibu Religius, Relawan Keluarga, Pelindung Anak dan Keluarga, Giat Berusaha untuk Keluarga. Kemudian, Program Buku Petunjuk Pengguna Media Simulasi Bina Kelompok Remaja (BKR). Inisiasi Kelas Inklusi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD. 

Selanjutnya, Program Pembentukan Tim Pendamping Keluarga (TPK) di Desa yang melibatkan Tim Penggerak PKK di desa. 

Di tahun 2020 lalu sampai saat ini, terang Wabup, Kabupaten Deli Serdang telah meraih beberapa penghargaan yang membanggakan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu), di antaranya Penghargaan Terbaik I Penurunan Persentase UNMET NEED Kategori Lebih dari 50 Pasangan Usia subur (PUS) 

Pemkab Deli Serdang juga meraih Penghargaan Pemerintah Daerah Paling Berkomitmen dalam Pergerakan Promosi dan Komunikasi Informasi Edukasi (KIE). Selanjutnya, Terbaik III Capaian Peserta KB Baru Kategori 10 Ribu Akseptor, Terbaik I Pelaksanaan Delapan Aksi Konvergensi Penurunan Stunting Tingkat Provinsi Sumatera Utara 2021, serta Juara I Pencegahan dan Penurunan Stunting Terintegrasi Tahun 2021.

"Tentu saja capaian ini tidak bisa kami dapatkan tanpa adanya bantuan, dan dukungan semua pihak yang terlibat, terutama dari BKKBN RI melalui perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara," tegas Wabup. 

Sementara itu, Kepala Biro Gelar Tanda Jasa dan Kehormatan Setmilpres, Brigjen TNI (MAR) Yudy Prastyono, menyampaikan tahun ini BKKBN mengusulkan dua rencana pembangunan.

"Rencana karya salah satunya adalah Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Deli Serdang, tentu sudah melalui verifikasi yang rumit di BKKBN. Ada 18 yang diverifikasi lapangan dan diterima hanya 14. Dan alhamdulillah, saya ucapkan kepada Ketua Tim Penggerak PKK karena usulan BKKBN tidak semua bisa mendapatkan ini," katanya. 

Di awal tahun 2022 ini, jelas Brigjen Yudy Prastyono, pemerintah sudah menerbitkan surat edaran yang sudah disosialisasikan kepada 80 kementerian dan lembaga penyusun dengan syarat umum sesuai Pasal 25 di UUD No.20 adalah bahwa warga negara Indonesia atau seorang yang berjuang di wilayah sekarang menjadi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), kemudian berikutnya adalah bermoral dan teladan atau berkelakuan baik.

"Dari semua yang diuraikan Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Deli Serdang, memenuhi syarat. Mudah-mudahan dari predikat ini menjadi tantangan untuk membuat lebih maju, tidak hanya di Deli Serdang, tapi di seluruh wilayah Sumatera Utara," pungkasnya

Turut hadir mendampingi Ketua TP PKK Deli Serdang, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Deli Serdang Ny Hj Sri Pepeni M Ali Yusuf Siregar, Ketua Dharmawanita Persatuan Herwati Darwin Zein, Analis SDM Aparatur Ahli Madya Siti Isro' Yati SH, MAP, Perwakilan Kepala BKKBN Mhd Irzal SE, ME Analis Kebijakan Ahli Madya Priyo Hartono SE ME, perwakilan BKKBN Sumut Mhd Yusuf Nasution, Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs Citra Effendi Capah MSP, Direktur RSUD H Amri Tambunan dr Hanip Fahri MM MKed (KJ) SpKJ, Kepala Dinas P3AP2KB Era Permata Sari SH MM,  Kepala Dinas Kesehatan dr Ade Budi Krista, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Dr Dra Hj Miska Gewasari MM, Kepala Dinas Pendidikan Yudy Hilmawan SE MM, serta para Ketua TP PKK Kecamatan se- Kabupaten Deli Serdang.

Berita

Copyrights © 2022 All Rights Reserved
Pemerintah Kabupaten Deli Serdang
portal.deliserdangkab.go.id