Tahun Baru Islam Menggambarkan Ketakwaan, Ketangguhan dan Keimanan Nabi Muhammad

Dinas Kominfostan - Deli Serdang
Rabu, 19 Juli 2023
 
 
Deli Serdang - Muharram merupakan salah satu bulan yang dimuliakan Allah SWT. Setiap memperingati 1 Muharram, maka umat Islam selalu diingatkan momentum hijrah yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dari Mekkah menuju Madinah.

"Hijrahnya Nabi Muhammad itu merupakan untaian peristiwa bersejarah bagi kehidupan umat Islam di seluruh dunia. Peristiwa itu menggambarkan ketakwaan, ketangguhan dan keimanan Nabi Muhammad SAW dalam menyampaikan agama Islam di muka bumi ini," ucap Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Deli Serdang, H. Timur Tumanggor, SSos, MAP, pada Peringatan 1 Muharram 1445 H/2023 M di Jambur Gotong Royong, Desa Lama, Kecamatan Pancur Batu, Rabu (19/7/2023).

Sebagai umat beragama harus bisa belajar dari perjalanan Nabi Muhammad, sehingga perjalanan waktu yang terus berputar dapat digunakan untuk melakukan kegiatan bermanfaat, baik untuk kehidupan dunia maupun kehidupan akhirat.

Momentum menyambut Tahun Baru Islam juga merupakan salah satu upaya umat Islam di Kabupaten Deli Serdang untuk mewujudkan masyarakat yang religius dan rukun dalam kebhinekaan.

"Untuk itu, mari sambut Tahun Baru Islam 1445 Hijriah ini dengan penuh kegembiraan, hati yang bersih, tulus, dan ikhlas serta semangat. Semoga di Tahun Baru Islam 1445 Hijriah ini kita bisa menjadi insan yang lebih baik, dengan terus memacu diri untuk senantiasa berbuat kebaikan bagi sesama ciptaan Allah SWT," imbuh Sekda.

Sementara itu, di acara yang yang mengusung tema, "Tahun Baru Menjadi Momen Terindah, Saling mengikat Ukhuwah, Semoga Hidup Kita Semakin Berkah" dan dirangkai dengan pencabutan kupon undian (lucky draw) serta doa bersama itu, Ketua Muslimat NU Deli Serdang, Dra. Hj. Wastiana Harahap, menyampaikan, Peringatan 1 Muharram 1445 Hijriah ini bisa menjadikan amal jariah serta berkah dan bermanfaat bagi semua orang, khususnya umat Islam.

Turut hadir di acara itu, Badan Pengelola UNUSU, H. Syahrial Tambunan, MBA; Wakil Ketua PWNU Sumatera Utara, Khairuddin Hutasuhut; Kadis Pendidikan, Yudy Hilmawan, SE, MM; Kadis Perpustakaan dan Arsip, H. Mukti Ali Harahap, SAg, MSi; Kepala BKPSDM, Drs. Muhammad Abduh Rizali Siregar, MSi; Kadis Dukcapil, Drs. H. Misran Sihaloho, MSi; Ketua PAC Muslimat NU Pancur Batu, Hj. Any Djelita Tarigan beserta pengurus; Camat Pancur Batu, Sandra Dewi Situmorang, SSTP, MSi, beserta Muspika; Ustadz, Ferry Saptadiputra, SPdi; Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta Kepala Desa se-Kecamatan Pancur Batu.


Berita

Hak Cipta © 2023
Pemerintah Kabupaten Deli Serdang