4 April 2022

Stok Kebutuhan Pokok di Deli Serdang Hingga Lebaran Aman, Harga Stabil

Lubuk Pakam

Wakil Bupati Deli Serdang, H. M. Ali Yusuf Siregar memastikan jika stok kebutuhan pokok jelang Ramadan dan Idul Fitri tahun ini di Kabupaten Deli Serdang, aman. 

Begitu juga dengan harga-harga kebutuhan pokok yang masih stabil. 

Fakta ini didapat setelah Wabup melakukam inspeksi mendadak atau sidak di Pasar Tradisional Deli Mas, Lubuk Pakam, Jumat pagi (1/4/2022), pukul 07.30 WIB. 

"Dengan dinas terkait, meninjau ke Pasar Tradisional Deli Mas melihat sejauh mana harga pasar menghadapi puasa dan lebaran. Tadi langsung bertanya ke pedagang, masih normal atau stabil. Tapi harga daging memang ada kenaikan, tapi tidak signifikan. Rp4 ribu sampai Rp5 ribu perkilo. Ini pertanda, harga-harga kebutuhan pokok masih relatif stabil.

Bahkan kita lihat harga minyak goreng, cabai. Harga cabai agak menurun. Mereka berharap kepada kita, bagaimana ini supaya stabil," kata Wabup usai peninjauan. 

Namun demikian, sambung Wabup, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Deli Serdang akan memantau setiap saat agar kenaikan tersebut bisa distabilkan.

"Agar masyarakat tidak resah dalam berbelanja mengahadapi puasa, bahkan lebaran nanti. Untuk stok, tadi kita tanya masih banyak dan cukup. Untuk kondisi Deli Serdang. Stok minyak, masih ada untuk Deli Serdang. Bahkan tidak usah disangsikan. Karena kita tadi langsung bertanya kepada mereka (pedagang). Mudah-mudahan sampai lebaran, insya Allah stok stabil, harga tidak naik lagi, dan tetap terjangkau," imbuh Wabup.

Sementara itu, Kepala Disperindag Deli Serdang, TM Zaki Aufa SSos, menegaskan pada prinsipnya di Deli Serdang tidak ada kelangkaan minyak goreng. "Namun di harga saja yang mengalami kenaikan. Mengingat yang lalu ada Keputusan Menteri Perdagangan (KepMendag) No. 6, per 1 Februari 2022, untuk minyak curah dan kemasan," jelas Kadis Perindag. 

Minyak curah, sebut Kadisperindag, seharga Rp11.500 perkilogram, sedangkan kemasan Rp14 ribu. 

"Namun, belakangan keluar lagi surat dari Kementerian Perdagangan, untuk minyak curah, harga eceran tertinggi (HET)-nya Rp14.500/liter dan Tp15 ribu/kg. Untuk minyak kemasan, itu tidak diatur di surat Menteri Perdagangan, disebutkan untuk minyak kemasan disesuaikan dengan mekanisme pasar. Tidak ditentukan harganya," papar Kadisperindag. 

Dari hasil peninjauan di Pasar Delimas dan Bakaran Batu, rinci Kadisperindag,  ada kenaikan sebesar Rp500.

"Tadi kita lihat sama-sama, ada kenaikan Rp500 perkilonya. harganya Rp15.500, mereka jual Rp16 ribu. Intinya, tidak ada kelangkaan minyak di Deli Serdang," ungkap Kadisperindag. 

Di kesempatan itu juga, Kadisperindag kembali menegaskan untuk stok kebutuhan pokok jelang dan selama Ramadan hingga Idul Fitri, dipastikan aman. Untuk harga, setiap harinya akan terus dipantau. Bila nantinya terjadi kenaikan, maka pihaknya akan segera melaporkan ke Provinsi Sumatera Utara (Sumut). 

"Stok sampai lebaran di Deli Serdang aman. Setiap hari koordinator pasar sudah diperintahkan untuk memantau perkembangan harga. Kalau kenaikannya 25 persen, masih ditolerir. Tapi di atas 25 persen, kita akan buat laporan ke provinsi untuk melakukan operasi pasar, apa yang harus kita lakukan untuk menekan harga-harga yang cukup tinggi. Namun, sampai saat ini belum ada kenaikan di atas 25 persen. Sekali lagi, untuk bahan pokok menghadapi Ramadan dan lebaran masih aman untuk Kabupaten Deli Serdang," pungkas Kadisperindag.

Turut mendampingi Wabup pada sidak pasar tersebut,Kadis Perindag TM. Zaki Aufa S.Sos MAP, Kadis Koperasi dan UKM Dra Hj Rabiatul Adawiyah Lubis MPD, Kadis Perikanan Ir Syarifah Alwiyah MMA, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ir H Herry Lubis, Kabag Perekonomian Sri Ekayani SSos MAB, Kasi Pengelolaan Informasi Publik Dinas Kominfostan Rudy Heryanto S.Kom dan perwakilan OPD lainnya, Camat Lubuk Pakam Danang Purnama Yuda SSTP.

Berita

Copyrights © 2022 All Rights Reserved
Pemerintah Kabupaten Deli Serdang
portal.deliserdangkab.go.id