26 July 2022

Sekdakab Darwin Zein Terima 1.418 Mahasiswa UNIMED KKN Di Deli Serdang

Lubuk Pakam

Sekretaris Daerah Kabupaten Deli Serdang Darwin Zein S.Sos menerima Penyerahan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Medan Tahun 2022 di Lapangan Alun-Alun Pemkab Deli Serdang, Senin (25/7/2022).

Program kuliah kerja nyata adalah salah satu program wajib yang ada dalam kurikulum pendidikan di perguruan tinggi. Landasan pemikiran dari pihak pemerintah mengadakan program KKN adalah agar mahasiswa dapat mengaplikasikan segala ilmu teori yang didapatkan selama bangku kuliah ke tengah-tengah lingkungan sosial masyarakat, kata Sekda.

Sekdakab Deli Serdang Darwin Zein S.Sos juga mengatakan, KKN juga merupakan salah satu bentuk implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, sehingga diharapkan kegiatan KKN ini dapat menjadikan mahasiswa yang memiliki dedikasi tinggi dan pola pikir yang dewasa untuk menghadapi polemik permasalahan yang ada di tengah masyarakat dan menjadikan pengalaman selama KKN sebagai bekal untuk mengembangkan keilmuan di kemudian hari. 

“Kegiatan KKN yang akan dilaksanakan ini terbagi di 21 Kecamatan dan 67 Desa di Kabupaten Deli Serdang. Tentunya jumlah ini bukanlah jumlah yang sedikit. Karena semakin banyak daerah yang ditempati mahasiswa otomatis semakin banyak pula masyarakat dengan karakternya yang berbeda-beda yang akan ditemui di lapangan,” ucap Sekda.

Sekda Darwin Zein mengimbau, agar mahasiswa mampu beradaptasi terhadap lingkungannya, bangunlah hubungan yang harmonis dengan masyarakat dan hindarilah hal-hal yang dapat memicu konflik dengan masyarakat, serta pergunakanlah kesempatan ini dengan serius dan maksimal dalam mengaplikasikan ilmu yang dimiliki sehingga kehadiran para Mahasiswa KKN di kabupaten ini tidak hanya memberikan dampak positif bagi civitas akademika saja, namun dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat Deli Serdang.

Sekda juga berpesan, kepada seluruh mahasiswa peserta KKN, agar dapat menjaga nama baik almamater selama kegiatan KKN berlangsung, pelajari segala hal dengan optimal karena yakinlah segala ilmu yang baik akan sangat bermanfaat bagi perjalanan sukses kalian. Serta tak lupa untuk selalu memberikan yang terbaik bagi masyarakat sehingga dalam pelaksanaan KKN para Mahasiswa mampu melahirkan kesan yang positif saat nantinya meninggalkan lokasi pelaksanaan KKN.

Sebelumnya Koordinator Lapangan Universitas Negeri medan (UNIMED) Wilayah Deli Serdang Roni Sinaga S.Pd,.M.Pd menjelaskan, 1.418 Mahasiswa KKN dari Universitas Negeri Medan yang diserahkan kepada Pemerintah Kabupaten Deli Serdang nantinya akan membuat program-program yang mendukung pengentasan masalah yang ada di Kabupaten Deli Serdang, dimana sifat atau bentuk dari kegiatan tersebut harus dapat diterima oleh masyarakat, bentuk dari kegiatan tersebut juga harus melibatkan unsur dari Desa sehingga kegiatan tersebut bersifat kolaborasi .

“Sehingga nantinya ketika mahasiswa sudah selesai KKN di lapangan tetap akan berlanjut atau sustainable sehingga program KKN tidak hanya berlangsung sementara namun jejak dari kegiatan tersebut masih dapat dilihat di waktu yang akan datang,”kata Roni Sinaga.

 Hadir pada acara tersebut, Para Pejabat dilingkungan Pemkab Deli Serdang, Wakil Dekan I UNIMED, Koordinator Dosen Pembimbing Lapangan, Para Camat Se Kabupaten Deli Serdang serta tamu undangan lainnya dan para Mahasiswa KKN UNIMED.

Berita

Copyrights © 2022 All Rights Reserved
Pemerintah Kabupaten Deli Serdang
portal.deliserdangkab.go.id