Sekda H Timur Tumanggor Buka MUSRENBANG RPJPD Kabupaten Deli Serdang Tahun 2025-2045

Dinas Kominfostan - Deli Serdang 
Selasa, 02 April 2024
 
 

DELI SERDANG - Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (MUSRENBANG RPJPD) Kabupaten Deli Serdang Tahun 2025-2045 di Aula Cendana Lantai II Kantor Bupati Deli Serdang, Selasa (2/4/2024).

Dalam sambutannya Sekertaris Daerah Kabupaten Deli Serdang H Timur Tumanggor S.Sos,MAP; mengatakan, RPJPD merupakan dokumen perencanaan pembangunan untuk periode 20 tahun dalam rangka mencapai tujuan dan cita-cita pembangunan daerah yang memuat visi, misi, sasaran pokok, dan arah pembangunan jangka panjang daerah. Kegiatan musrenbang merupakan salah satu tahapan yang wajib dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Deli Serdang bersama dengan masyarakat dan para pemangku kepentingan.  

Saya percaya bahwa partisipasi aktif dari masyarakat, pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan lainnya adalah kunci kesuksesan dalam merumuskan rencana pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan. Melalui berbagai masukan dan aspirasi yang disampaikan dalam acara ini, kita dapat mewujudkan RPJPD yang benar-benar mencerminkan kebutuhan dan harapan masyarakat dan para pemangku kepentingan di Kabupaten Deli Serdang,ucap Sekda.


Sekda menyampaikan beberapa capaian indikator Makro Deli Serdang yang telah kita capai selama 20 tahun ke belakang, antara lain: persentase kemiskinan pada tahun 2023 sebesar 3,44 persen, atau lebih baik dari tahun 2005 sebesar 6,30 persen, pertumbuhan ekonomi pada tahun 2023 sebesar 5,34 persen dengan capaian rasio gini sebesar 0,295 poin atau lebih baik dari tahun 2005 sebesar 4,96 persen dengan gini rasio sebesar 0,289 poin.

H Timur Tumanggor S.Sos juga menjelaskan, Berdasarkan capaian kinerja serta memperhatikan RPJPN nasional dan RPJPD provinsi, maka dirumuskan VISI RPJPD Kabupaten Deli Serdang tahun 2025-2045 yaitu “Kabupaten Deli Serdang Yang Maju, Sejahtera Dan Berkelanjutan”, dengan misi: Mewujudkan transformasi sosial untuk membangun SDM yang unggul, sejahtera, dan berdayasaing; mewujudkan transformasi ekonomi yang produktif dan adaptif; mewujudkan transformasi tata kelola pemerintahan yang transparan, akuntabel, berintegritas, dan profesional; mewujudkan kehidupan masyarakat yang aman, dan berkeadilan; mewujudkan kehidupan masyarakat yang berbudaya, harmonis, inklusif dan berwawasan lingkungan; mewujudkan pemerataan pembangunan berbasis karakteristik wilayah; mewujudkan pembangunan infrastruktur dasar yang berbasis lingkungan; mewujudkan kesinambungan pembangunan terintegrasi melalui sinkronisasi perencanaan, pelaksanaan dan pembiayaan pembangunan.

Sekertaris Daerah H Timur Tumanggor mengajak semua pihak untuk berpartisipasi aktif dan memberikan kontribusi terbaik dalam musrenbang ini. “Mari kita wujudkan visi bersama untuk deli serdang yang lebih maju, sejahtera, dan berkelanjutan”, atas partisipasi dan kerjasama kita semua semoga acara ini berjalan lancar dan memberikan hasil yang bermanfaat bagi masyarakat deli serdang yang kita cintai.

Sebelumnya Kepala Bappeda Litbang Dr Ir Remus Hasiholan Pardede M.Si menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk membahas rancangan RPJPD dalam rangka penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan terhadap visi, misi, arah kebijakan dan sasaran pokok RPJPD Kabupaten Deli Serdang tahun 2025-2045.

Melalui pelaksanaan musrenbang RPJPD Kabupaten Deli Serdang tahun 2025-2045 diharapkan dapat menghasilkan keluaran berupa: kesepakatan visi, misi, arah kebijakan dan sasaran pokok rpjpd kabupaten deli serdang tahun 2025-2045. Hasil musrenbang RPJPD dirumuskan dalam berita acara kesepakatan dan ditandatangani oleh unsur yang mewakili pemangku kepentingan yang menghadiri musrenbang rpjpd ini.

Hal senada juga disampaikan mewakili Ketua DPRD Deli Serdang Drs H Abdul Rahman M.Pd bahwa, DPRD juga mendorong agar instansi terkait dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) agar tercapainya seluruh program yang bertujuan untuk pembangunan dan kesejahteraan rakyat.

DPRD berharap kegiatan ini berlangsung serius dan terlaksana dengan baik, serta mampu menciptakan tata kelola Pemerintahan yang akuntabel dan transparan,terus melakukan peningkatan kualitas dan kompetensi SDM, terus meningkatkan perekonomian daerah dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia, serta terus berusaha meningkatkan kualitas lingkungan hidup.

Hadir, mewakili Gubernur Sumut Ika Hardina Lubis SE, MA, M.SE; Anggota DPRD Deli Serdang H Rahmadsyah; Ketua Dharma Wanita Persatuan Ny Hj Boya Timur Tumanggor; mewakili DANDIM 0204/DS Mayor Czi TM Panjaitan; mewakili Kapolresta Deli Serdang AKP Rusdi SH,MH, para staf ahli, para asisten, para OPD, para Camat se Kabupaten Deli Serdang serta undangan lainnya.

 
 
 
 
 


Berita

Hak Cipta © 2023
Pemerintah Kabupaten Deli Serdang