PJ Bupati Ir Wiriya Alrahman MM, Tepung Tawari 692 Jemaah Calon Haji Deli Serdang Tahun 2024

Dinas Kominfostan - Deli Serdang 
Rabu, 15 Mei 2024
 
 
 

DELI SERDANG - Sebagai salah satu dari lima pondasi tegaknya agama Islam pelaksanaan ibadah haji memang  memiliki keistimewaan tersendiri, menunaikan Ibadah Haji merupakan sesuatu yang dirindukan oleh setiap umat Islam bahkan telah menunaikan berkali-kali pun ingin menunaikan lagi.

Pesan ini disampaikan PJ Bupati Deli Serdang, Ir Wiriya Alrahman MM dalam arahannya di acara Manasik Haji dan Tepung Tawar 692 Jemaah Calon Haji Kabupaten Deli Serdang Tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi di di Gedung Grha Bhineka Perkasa Jaya Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, Jalan Negara, Lubuk Pakam, Deli Serdang, Rabu (15/5/2024).


"Ibadah haji ini tidak hanya merupakan ibadah spiritual tetapi juga ibadah pengujian mental dan kesabaran, karena saat melaksanakan ibadah haji tersebut setiap calon jemaah haji dituntut untuk sabar dalam mengikuti seluruh rangkaian pelaksanaan ibadah haji secara baik dan benar, dimulai dari proses pemberangkatan pelaksanaan rukun haji sehingga kembali ke tanah air dengan memperoleh Haji mabrur," pesan PJ Bupati. 

Di acara yang turut dihadiri Sekda Deli Serdang H. Timur Tumanggor ; Kapolresta Deli Serdang Kombespol. Raphael Shandy Cahya Priambodo, S.IK; Mewakili Ka. Kejari Deli Serdang Kasi Pidsus Kejari Deli Serdang Andi Salim, SH; Ka. Pengadilan Agama Lubuk Pakam Drs. H. Juwaini, SH, MH; Mewakili Danbrig 7/RR Kasbrig 7/RR Letkol Suirwan; Mewakili Dandim 0204/DS Danramil 06/LP Kapten Inf. Poniman; Mewakili Danyon 121/MK Danki B Yonif 121/MK Lettu. Inf. Suwandi; Para Staf Ahli Setdakab Deli Serdang; Para Asissten Setdakab Deli Serdang; Para Pimpinan OPD Pemkab Deli Serdang; Para Kabag Setdakab Deli Serdang; Para Camat Se-Deli Serdang; Kapolsek Lubuk Pakam AKP. H. Rusdi, SH; Ketua MUI Deli Serdang Kyai. H. Amir Panatagama, S.Pdi; Ketua FKUB Deli Serdang H. Waluyo; Para Jemaah Calon Haji; Para Petugas Haji dan lainnya itu, PJ Bupati Deli Serdang juga mengingatkan agar para jemaah calon haji selalu menjaga stamina, kesehatan, tetap memelihara kekompakan dan kebersamaan.

"Bimbingan manasik haji yang telah Bapak Ibu laksanakan hendaknya dapat menjadi sarana guna memberikan wawasan dan pengetahuan sikap dan perilaku dalam menunaikan ibadah haji baik dan benar sehingga nantinya dalam pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan dengan lancar sehat walafiat hingga kembali ke tanah air dengan memperoleh haji yang mabrur dan mabrurah," kata PJ Bupati. 

Tepung tawar yang kita lakukan pada hari ini adalah sebagai bentuk ungkapan syukur penyemangat dan doa kehadirat Allah subhanahu Wa ta'ala agar kiranya Bapak Ibu calon jemaah haji diberi kekuatan dalam melaksanakan memenuhi panggilan Allah subhanahu Wa ta'ala. Menunaikan ibadah haji ada sebanyak 692 jemaah calon jemaah haji yang akan diberangkatkan dari Kabupaten Deli Serdang yaitu 2 kloter dari Kabupaten Deli Serdang pada tahun ini dan harapan kami sebanyak itu pula yang akan kembali ke Kabupaten Deli Serdang dalam keadaan sehat walafiat.

PJ Bupati Deli Serdang juga meminta kepada kepada seluruh perangkat daerah kabupaten Deli Serdang khususnya kepada asisten pemerintahan Kabupaten Deli Serdang untuk menghimbau pada seluruh Camat,  kepala desa maupun Lurah dengan seluruh perangkatnya untuk menjaga rumah-rumah calon jemaah haji selama mengikuti pelaksanaan Haji sampai pulang ke tanah air kami minta seluruh aparatur yang punya wilayah setiap hari di monitor dan di pantau rumah-rumah calon jemaah haji jangan sampai ada terjadi sesuatu apapun.

Sebelumnya, Kabag Kesra Setdakab Deli Serdang, Drs Syahrul MPd dalam laporannya menjelaskan Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan: Meningkatkan silaturahmi diantara sesama calon jemaah haji Kabupaten Deli Serdang sehingga dapat melaksanakan ibadah haji dalam diri masing-masing; Mereview sekaligus sebagai modal dalam melaksanakan ibadah haji di tanah suci; Memberikan semangat dan doa kepada calon jemaah haji agar mabrur dan Mabrurrah; Tempat melaksanakan silaturahmi dengan pemerintah Kabupaten Deli Serdang.

Drs Syahrul MPd mengemukakan jamaah calon haji Kabupaten Deli Serdang tahun 2024 terdiri dari dua kloter  yaitu kloter 12 dan 14. Kloter 12 masuk asrama haji pada tanggal 24 Mei tahun 2024 pukul 19.00 dan berangkat dari Bandara Kualanamu pada tanggal 25 Mei 2024 pukul 18.00 ke Jeddah dan jumlah kloter 12 sebanyak 360 orang ditambah 8 orang petugas haji. Untuk kloter 14 masuk ke asrama haji tanggal 7 Mei 2024 dan berangkat dari Bandara Kualanamu pada tanggal 28 Mei 2024 dan jumlah calon jemaah haji sebanyak 324 orang ditambah 8 orang petugas haji jumlah jemaah calon haji dan petugas kloter 12-14 sebanyak 692 orang terdiri dari laki-laki 260 orang dan wanita sebanyak 431 orang.

Dari jumlah tersebut, jemaah calon haji termuda atas nama Muhammad Habib Rizki, 19 tahun dari Kecamatan Percut Sei Tuan. Sedangkan yang tertua, Khaidir Muhammad Nur, 84 tahun dari Kecamatan Percut Sei Tuan. 

Jemaah calon haji asal Deli Serdang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 12 dan 14. Untuk pemberangkatannya direncanakan di Masjid Agung Sultan Sinar Basarsyah, untuk kecamatan-kecamatan yang terdekat dari Kota Lubuk Pakam.