PJ Bupati Deli Serdang Hadiri Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Kepala Daerah TA 2023 

Dinas Kominfostan - Deli Serdang 
Senin, 13 Mei 2024
 
 
 
 

Deli Serdang - Penjabat (Pj) Bupati Deli Serdang Ir Wiriya Alrahman MM, menghadiri Rapat Paripurna Pengambilan Keputusan Rekomendasi DPRD Kabupaten Deli Serdang dalam rangka Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Deli Serdang Tahun Anggaran 2023 di Ruang Rapat Kantor DPRD Kabupaten Deli Serdang, Senin (13/5/2024).

Rapat Paripurna dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Deli Serdang T. Ahmad Tala’a didampingi Wakil Ketua DPRD Deli Serdang Amit Damanik, Wakil Ketua DPRD Deli Serdang DR H Nusantara Tarigan Silangit serta dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Deli Serdang.

PJ Bupati Deli Serdang Ir Wiriya Alrahman MM menyampaikan, berbagai tanggapan saran perbaikan sebagaimana yang telah dikemukakan oleh panitia khusus sebagai catatan, tentu akan tetap menjadi masukan yang sangat berharga bagi seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Deli Serdang sebagai bahan evaluasi dan tindak lanjut ke depan.


Kita semua memahami bahwa penyelenggaraan pemerintahan yang telah kita laksanakan selama tahun 2023 belum seluruhnya berjalan secara optimal, namun dengan sinergitas eksekutif dan legislatif serta dukungan berbagai pihak kita berkeyakinan bahwa visi dan misi Kabupaten Deli Serdang akan dapat diwujudkan bersama,ucapnya.


Disamping belum tercapainya perolehan target pendapatan daerah, kita juga masih menyisakan berbagai tantangan yang harus diselesaikan lagi ke depannya baik melalui dukungan APBD maupun melalui pola sinergitas tiga pilarkekuatan pembangunan yaitu kekuatan pemerintah, partisipasi masyarakat dan dukungan potensi sektor swasta.


"Mari kita tumbuhkan terus semangat kebersamaan di antara kita sekalian, diiringi adanya dukungan dan kemauan yang kuat membangun Kabupaten Deli Serdang menjadi lebih baik kedepannya”, kata PJ Bupati Deli Serdang Ir Wiriya Alrahman MM.

Sebelumnya Wakil Ketua Panitia Khusus DPRD Kabupaten Deli Serdang M Adami Sulaeman SH,M.Ag pada laporannya menyampaikan, LKPJ tahun anggaran 2023 merupakan implementasi RPJMD 2019-2024 yakni “Mewujudkan Deli Serdang Yang Maju dan Sejahtera Dengan Masyarakatnya Yang Religius dan Rukun Dalam Kebhinekaan”. 

Dalam melakukan penilaian evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintah daerah ini, pansus melakukan telaah dokumen buku LKPJ, nota pengantar bupati dan melakukan pembahasan LKPJ pansus bersama dengan organisasi perangkat daerah (OPD), mitra kerja dan sekretariat pemerintah kabupaten deli serdang yang nantinya akan memberikan catatan dan rekomendasi terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Deli Serdang tahun anggaran 2023.


Wakil Ketua Pansus menjelaskan, LKPJ Bupati Deli Serdang tahun anggaran 2023 walaupun sekedar laporan keterangan yang disampaikan kepada DPRD, namun ini adalah salah satu bentuk akuntabilitas dari penyelenggaraan pemerintah daerah kepada rakyat Kabupaten Deli Serdang selama satu tahun. Secara substansi Pemerintah Kabupaten Deli Serdang mempertanggungjawabkan kinerjanya selama satu tahun anggaran sesuai dengan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun anggaran 2023.

Dalam laporan kinerja bupati tahun 2023 disebutkan prioritas pembangunan daerah kabupaten deli serdang tahun 2023 yaitu: 1. peningkatan kualitas sdm melalui pendidikan dan kesehatan. 2.peningkatan daya saing ekonomi. 3.pembangunan infrastruktur dan aksesibilitas kewilayahan yang berwawasan lingkungan 4. pemantapan pelaksanaan reformasi birokrasi.

Capaian positif dari  angka kemiskinan sebesar sebesar 3,44%. Indeks pembangunan manusia (IPM) sebesar 77,16. Angka pengangguran sebesar 8,79%. Pertumbuhan ekonomi sebesar 5,34%. PDRB per kapita sebesar Rp.39.443,61 dan gini ratio sebesar 0,295 sebagai pemerintah daerah tentunya kita patut bersyukur atas berbagai capaian indikator makro tersebut.

“Pansus berharap apa yang telah dicapai dalam indikator makro tersebut dapat berdampak positif bagi kehidupan masyarakat dikabupaten deliserdang nantinya”, kata M Adami Sulaeman.

Sidang Paripurna dilanjutkan penyerahan Laporan Reses Anggota DPRD KAbupaten Deli Serdang Tahap I Tahun Anggaran 2024.

Hadir Unsur Forkopimda Deli Serdang, Sekdakab Deli Serdang H Timur Tumanggor S.Sos,MAP; Para Staf Ahli; Para Asisten; para Pimpinan OPD; Para Kabag; serta lainnya.