14 April 2022

Pemkab Deli Serdang Bolehkan Salat Idul Fitri Tahun Ini di Lapangan

Deli Serdang

Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, memastikan pelaksanaan kemeriahan Idul Fitri tahun ini seperti tahun-tahun sebelum adanya pandemi Covid-19.

Keputusan ini berdasarkan kesepakatan yang disimpulkan dalam Rapat Persiapan Takbiran dan Salat Idul Fitri 1443 Hijriyah , rapat tersebut dipimpin Bupati Deli Serdang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs. Citra Effendi Capah MSP, di Ruang Rapat, Lantai II, Kantor Bupati Deli Serdang, Rabu (13/4/2022), pukul 13.30 WIB.

"Jadi, hari ini sengaja Pemkab Deli Serdang mengundang tokoh agama dan tokoh masayarakat, untuk mengambil keputusan tentang pelaksanaan takbiran dan Salat Id, termasuk juga masalah Nuzulul Quran," kata Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs Citra Efendi Capah MSP.

Asisten Pemerintahan mengakui pada perayaan Idul Fitri tahun lalu, semua serba keterbatasan. Dan itu disebabkan masih merebaknya pandemi Covid-19.

"Tahun lalu, karena Covid-19, ada keterbatasan. Tahun ini, melihat situasi dan kondisi Covid-19 sudah mulai membaik, dan level 1, tokoh-tokoh agama dan masyarakat ada kerinduan, ada aktivitas seperti masa-masa normal, seperti Salat Id di lapangan, tidak di masjid," terang Asisten Pemerintahan.

Maka dari itu, kata Asisten lagi, untuk Salat Idul Fitri tahun ini, Pemkab Deli Serdang membolehkan pelaksanaannya di lapangan.

"Salat Idul Fitri dilaksanakan di lapangan, walau dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) secara ketat," tandas Asisten Pemerintahan.

Untuk persoalan takbiran, sambung Asisten Pemerintahan, para tokoh agama dan masyarakat, sepakat tidak dilaksanakan secara pawai, tapi di dalam masjid.

"Khusus di ibu kota kabupaten, ada (takbiran) sentral dilaksanakan di Masjid Agung Sultan Thaf Sinar Basarshah. Begitu pula dengan pelaksanaan Nuzulul Quran, dilaksanakan di Masjid Agung, dengan membatasi kegiatan sekaligus buka puasa bersama," papar Asisten Pemerintahan.

Hadir Ketua MUI Deli Serdang Kyai Amir Panatagama S.Pd.I, Kadis Kominfostan Dr Dra Hj Miska Gewasari MM, Sekretaris Dinas Budporapar, Suriadi S.Sos, Sekretaris Dinas Perhubungan Taufik Israd Harahap, Kabag Kesra Setdakab Mukti Ali Harahap S.Ag M.Si, Kabag Prokopim Setdakab M.Ari Mulyawan Simatupang SH MAP, Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Dani Rejeki ST, Ketua PD DMI Deli Serdang, Ketua PD Al Washliyah Deli Serdang Muhammad Soleh S.Ag, Ketua BKPRMI Deli Serdang Jailani Dalimunthe SH, Perwakilan Kemenag Deli Serdang H. Sutan Sharir MA,Camat Lubuk Pakam Danang Purnama Yuda SSTP MAP, perwakilan PCNU Deli Serdang Ruben Purba serta perwakilan OPD terkait ormas islam lainnya.

Berita

Copyrights © 2022 All Rights Reserved
Pemerintah Kabupaten Deli Serdang
portal.deliserdangkab.go.id