Pelantikan Pengkab Perbakin DS, Sergai dan Tebing Tinggi, Wabup: Semoga Olahraga Menembak Bisa Bersifat Massal dan Terorganisir

Dinas Komindostan - Deli Serdang
Sabtu, 15 Juli 2023
 
 
Deli Serdang - Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Deli Serdang, Serdang Bedagai (Sergai) dan Tebing Tinggi Masa Bakti 2023-2027 diharapkan bisa menjadikan olahraga menembak lebih bersifat massal dan terorganisir, guna mengubah pandangan yang menganggap menembak sebagai olahraga mahal, eksklusif dan untuk golongan tertentu.

"Semoga pengurus Perbakin, khususnya Deli Serdang, bisa melaksanakan tugas dengan baik dan melakukan terobosan-terobosan baru, inovasi, pelatihan serta program kerja untuk meningkatkan kemampuan dan prestasi para atlet sebagai modal untuk ikut ke ajang lebih tinggi," ucap Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang, HM. Ali Yusuf Siregar pada Pengukuhan Pengkab Perbakin Deli Serdang, Serdang Bedagai Dan Tebing Tinggi Masa Bakti 2023-2027 di Aula Pandawa Sakti Kodim 0204/DS, Jalan Galang, Desa Pagar Merbau III, Kecamatan Lubuk Pakam, Sabtu (15/7/2023).

Sebagai salah satu cabang olahraga kompetitif yang melibatkan tes kemahiran, akurasi dan kecepatan, sambung Wabup, kehadiran Perbakin yang bertindak sebagai pengayom bagi para atlet menembak dan berburu di Kabupaten Deli Serdang memiliki tanggungjawab yang tidak ringan.

Karena itu, seluruh jajaran pengurus dituntut untuk bekerja lebih keras dalam memajukan dan mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam pengembangan olahraga menembak dan berburu di Kabupaten Deli Serdang.

Di tempat yang sama, Pangdam I/BB yang juga Ketua Perbakin Sumut, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, SE, MSi, dalam arahannya mengemukakan Pengurus Perbakin Sumatera Utara sudah melakukan beberapa hal yang berkaitan dengan pelaksanaan program kerja Semester I Tahun 2023, antara lain: Bidang organisasi, hukum, etika dan disiplin dalam tugas dan fungsinya sesuai Anggaran Dasar (AD)/Anggaran Rumah Tangga (ART) Perbakin Tahun 2022 pada Paragraf 2 Pasal 28, yakni Tentang Pembentukan Pengurus Kabupaten/Kota.

"Kepengurusan yang ada, dari 33 kabupaten/kota di Sumatera Utara, saat ini yang aktif baru 15 kabupaten/kota. Saya harapkan kepada kabupaten/kota yang belum aktif atau belum terbentuk, segera lakukan koordinasi dengan pemerintah provinsi agar mendapat bantuan dan arahan dalam proses musyawarah penerbitan surat keputusan dan pelantikannya. Kita mayoritas yang sudah terbentuk di jajaran Korem 022. Untuk segera mendorong kabupaten/kota di wilayah Korem 023, agar segera membentuk kepengurusan kabupaten/kota di wilayahnya," saran Pangdam.

Dijelaskan Pangdam lagi, pada bidang tembak sasaran dan tembak reaksi, sampai saat ini pengurus provinsi sedang mempersiapkan atlet-atlet melalui Program Pembinaan Latihan Terpusat di Lapangan Tembak Cikupa, Tangerang, dengan materi Tembak Shotgun Pembinaan Latihan di Lapangan Tembak Senayan, sebagai persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) 21 Aceh dan Sumatera Utara Tahun 2024.

"Saya mengajak pada pengurus kabupaten/kota untuk turut serta melakukan pembinaan latihan atlet tembak di tempat masing-masing secara maksimal. Pengurus Perbakin Sumatera Utara telah meloloskan 13 orang yang memenuhi minimum qualification score untuk bisa bertanding ataupun diikutkan dalam PON 2024 akan datang. Pembinaan atlet yang dipersiapkan harus didukung dengan ketersediaan serta amunisi," papar Pangdam.

Selain itu, Pangdam juga mengajak pengurus Perbakin Deli Serdang, Serdang Bedagai, dan Tebing Tinggi yang baru dilantik, untuk bisa berkontribusi mengirimkan atlet tembak terbaiknya, sehingga dapat menorehkan prestasi di nasional maupun internasional serta saling bekerja sama melalui penguatan pembinaan sistematis berjenjang dan berkesinambungan dan diperkuat penerapan prinsip-prinsip keilmuan dalam olahraga menembak (sport science).
 
Keberhasilan suatu organisasi tidak semata-mata hanya ditentukan pimpinan, tetapi dibutuhkan kesadaran dan peran aktif serta sinergitas seluruh pengurus dan anggota dalam melaksanakan setiap program organisasi dengan penuh dedikasi dan loyalitas, sehingga bisa melangkah bersama dan berprestasi.


Berita

Hak Cipta © 2023
Pemerintah Kabupaten Deli Serdang