Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045

Diskominfostan, Sabtu 1 Juni 2024

DELI SERDANG - Hari Lahir Pancasila adalah hari ketika Bung Karno pertama kali memperkenalkan Pancasila melalui pidatonya, pada sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK), tahun 1945 silam.

Tema, "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045", pada Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini, bermaksud Pancasila menyatukan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bangsa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju mandiri dan berdaulat.

"Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia," kata Penjabat (Pj) Bupati Deli Serdang, Ir Wiriya Alrahman MM membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof Drs KH Yudian Wahyudi MA PhD, ketika menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Kantor Bupati Deli Serdang, Sabtu (1/6/2024). 

Sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai cita-cita pendirian negara

Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong.

"Keberagaman yang ada merupakan berkat, yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika," ujar Pj Bupati.

Dalam momentum bersejarah ini, seluruh komponen bangsa di mana pun berada diajak untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Dengan semangat Pancasila yang kuat, diyakini seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi.

"Kita juga patut bersyukur dan bangga, bangsa Indonesia telah terbukti menjadi bangsa yang dewasa. Dewasa dalam berdemokrasi, berbangsa, dan bernegara," sebut Pj Bupati.

Selain itu, rakyat Indonesia juga patut bersyukur dan bangga telah melewati Pemilihan Umum (Pemilu) yang demokratis, berlangsung secara aman dan damai demi tegaknya kedaulatan rakyat, konstitusi serta persatuan dan kesatuan bangsa.

"Kita arus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Selamat Hari Lahir Pancasila!" tutup Pj Bupati.

Hadir pada upacara tersebut, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Pj Ketua TP PKK Deli Serdang, Ny Ismiralda Wiriya Alrahman; Sekretaris Daerah, H Timur Tumanggor SSos MAP; Ketua Dharmawanita Persatuan, Ny Hj Boya Timur Tumanggor, para pejabat dan aparatur sipil negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, TNI/Polri, organisasi agama dan kepemudaan, siswa sekolah menengah atas (SMA/sederajat) dan lainnya.