Mahasiswa Adalah Agent Of Sains

Dinas Kominfostan - Deli Serdang
Senin, 17 Juli 2023
 
 
Deli Serdang - Mahasiswa merupakan kaum intelektual dan Agent of the Sains yang dipandang mempunyai peran besar dalam mengubah tatanan kehidupan sosial masyarakat, karena Mahasiswa memiliki banyak potensi dan kesempatan dalam berperan sebagai penggerak masyarakat ke arah lebih baik.

Dengan menggunakan ilmu dan gagasan serta pengetahuan yang dimiliki, pelaksanaan kuliah kerja nyata, memiliki tujuan sangat penting dan strategis. Tidak hanya membantu mengatasi permasalahan di masyarakat, tapi juga memberikan pengalaman hidup bermasyarakat, keterampilan serta mengembangkan dan menerapkan pengetahuan akademik yang didapat dari perkuliahan.

"Untuk itu, saya berharap kepada mahasiswa yang mengikuti KKN ini, bisa memberikan segala kemampuan yang pelajari di kampus untuk dapat diturunkan kepada masyarakat setempat menuju peningkatan kesejahteraan yang lebih baik," pesan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Drs. H. Citra Effendi Capah, MSP, saat melepas para mahasiswa KKNT USU Tahun 2023 di Alun Alun Pemkab Deli Serdang, Jalan Tanjung Garbus, Desa Tanjung Garbus I, Kecamatan Lubuk Pakam, Senin (17/7/2023).

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat berpesan kepada para mahasiswa untuk melakukan pendekatan sistematik dengan menggunakan komunikasi yang tepat dan santun sesuai adat istiadat masyarakat setempat.

Selain itu, diharapkan juga selama pelaksanaan KKNT, tidak keluar dari koridor atau aturan yang berlaku dengan memperhatikan rambu-rambu yang telah ditetapkan universitas.

"Terus bangun koordinasi dan komunikasi dengan perangkat desa. Buatlah program kerja yang realistis sesuai kebutuhan masyarakat, sehingga harapannya setelah KKN ini selesai, akan memberi manfaat besar. Tidak hanya bagi peningkatan dan kelancaran proses pembelajaran, namun lebih dari itu, bisa memberi kontribusi nyata bagi peningkatan masyarakat Kabupaten Deli Serdang," pesan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat.
 
Sebelumnya, Sekretaris Lembaga Pengabdian dan Pelayanan Masyarakat (LPPM) USU, Tulus Joseph Marpaung, melaporkan KKNT tersebut bertujuan untuk memberi kontribusi dalam pembangunan dan pengembangan masyarakat di Kabupaten Deli Serdang.

Kepada mahasiswa, Tulus mengingatkan, agar bisa bekerja keras, tekun dan penuh dedikasi selama 30 hari pelaksanaan KKNT.

Karena, KKNT tersebut secara spesifik bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui interaksi langsung dengan belajar tentang kebutuhan di desa maupun tantangan yang dihadapi Kabupaten Deli Serdang.

"Kami sangat mengapresiasi semangat dan komitmen yang ditunjukkan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang terhadap KKNT 2023 ini, untuk memberi kontribusi nyata dan menciptakan dampak positif dalam berbagai bidang, seperti: Pendidikan, kesehatan, lingkungan dan pengembangan ekonomi masyarakat dan itu tercantum di dalam mesin bisnis Universitas Sumatera Utara," utaranya.

Tulus berharap kerjasama antara USU dan Pemkab Deli Serdang bisa terus berlanjut, dan memberi manfaat bagi seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Deli Serdang.

Hadir pada pelepasan mahasiswa tersebut, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Kominfostan), Christina Helen Siagian, SSos; Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Surya Bangun Muda, SSos; Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang), Jefry Siregar, SP, MSi; para dosen dan pembimbing; dan lainnya.


Berita

Hak Cipta © 2023
Pemerintah Kabupaten Deli Serdang