17 June 2022

M. Sakha Admaja dan Nabila Putri Ramadhani Terpilih Jadi Duta Wisata Deli Serdang 2022

Batang Kuis

Dua puluh finalis perwakilan setiap kecamatan di Kabupaten Deli Serdang, mengikuti Grand Final Pemilihan Duta Wisata Kabupaten Deli Serdang Tahun 2022 di Ballroom Wings Hotel Kualanamu, Kecamatam Batang Kuis, Jumat (3/6/2022) malam

Setelah melalui rangkaian penilaian, Dewan Juri memutuskan, dua finalis sebagai pemenang atau Duta Wisata Deli Serdang,  yakni M Sakha Admaja dari Kecamatan Percut Sei Tuan dan Nabila Putri Ramadhani, asal Tanjung Morawa. 

Untuk 18 finalis lainnya, terpilih menjadi Wakil I Duta Wisata, antara lain M Khairul Arif (Pantai Labu) dan Tarisa Paradita (Pagar Merbau). 

Wakil II Duta Wisata, Firman Haris Simonda (Tanjung Morawa) dan Tri Leonita Amanda (Tanjung Morawa). 

Untuk Duta Wisata Intelegensia, Agung Satrio Putra (Percut Sei Tuan) dan Kartika Dara Ayu (Hamparan Perak). Sedangkan, Duta Wisata Persahabatan, Yusuf Natanael Simanjuntak (Lubuk Pakam) dan Ajeng Ayu Putri Dian (Biru- Biru) serta Duta Wisata Favorit, Fatih Surya Dharma (Hamparan Perak) dan Salsa Nabila (Galang).

Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan yang hadir di acara tersebut, menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya Pemilihan Duta Wisata Deli Serdang tahun 2022.

Ajang tersebut, kata Bupati, diharapkan mampu menjadi wadah bagi putra-putri terbaik Deli Serdang untuk menyalurkan bakat dan minatnya dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dan etika.

Sektor pariwisata, terang Bupati, telah menjadi salah satu sektor unggulan Kabupaten Deli Serdang, dengan berbagai potensi dan daya tariknya. 

Namun demikian, adanya pandemi Covid-19 membuat sektor pariwisata menjadi salah satu sektor paling terdampak. 

"Oleh karena itu, pemerintah sangat mendukung pelaksanaan kegiatan ini sebagai salah satu upaya membangkitkan dan menggairahkan kembali sektor pariwisata melalui marketing tourism oleh Duta Wisata Deli Serdang," jelas Bupati.

Bupati menekankan, ajang tersebut jangan hanya sekadar kompetisi adu fisik, kecantikan dan ketampanan semata. Namun diharapkan para finalis memiliki wawasan luas, untuk mampu berpikir kritis, kreatif dan inovatif dalam upaya mempromosikan dan mensosialisasi pesona pariwisata Deli Serdang.

"Menjadi duta wisata tentu bukan hal mudah. Butuh proses untuk melewati berbagai tahapan seleksi ketat. Bagi yang terpilih sebagai Duta Wisata Deli Serdang tahun 2022, jadilah duta wisata yang aktif berkarya dan berkontribusi dalam kemajuan pariwisata Deli Serdang. Sebagai generasi milenial yang akrab dengan teknologi, saya yakin saudara sekalian memiliki banyak pemikiran brilian, serta dapat menginisiasi berbagai inovasi, dalam rangka merepresentasikan keindahan dan keistimewaan pariwisata Deli Serdang," tegas Bupati. 

Bupati berharap, agar Duta Wisata Deli Serdang menjadi mitra pemerintah, dengan menyalurkan karya dan inovasi untuk mendukung program pemerintah. 

Di kesempatan itu, Bupati juga mengapresiasi  seluruh pihak, baik panitia penyelenggara, sponsor, para juri, dan lainnya yang telah mendukung terselenggaranya acara tersebut. 

Sebelumnya, Kepala Dinas Budaya, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar), H Khoirum Rijal ST MAP dalam laporannya, menyebutkan tujuan Pemilihan Duta Wisata Deli Serdang Tahun 2022 tersebut untuk lebih meningkatkan sumber daya manusia (SDM), khususnya dalam bidang pariwisata, membentuk remaja-remaja berdedikasi dan berprestasi, membantu pemerintah daerah untuk mempromosikan pariwisata, seni dan budaya, menjadi ajang pencarian bakat sekaligus pengujian mental, tempat menyalurkan bakat, minat dan kreativitas serta membina remaja yang berkepribadian dan memiliki akhlak.

Menciptakan sosok muda kreatif penuh inisiatif, dinamis, berjati diri dan berwawasan luas mengenai Kabupaten Deli Serdang khususnya, Sumatera Utara dan Indonesia pada umumnya.

Dijabarkan Kadisbudporapar, peserta yang mengikuti pendaftaran sebanyak 64 orang dari 20 kecamatan se-Deli Serdang.

Para peserta mengikuti seleksi tertulis, wawancara dan adu bakat, selama dua hari, Rabu (18/5/2022), dan Kamis (19/5/2022).

Bagi peserta yang dinyatakan lulus, kemudian menjalani karantina dan pembekalan, pada Jumat, 30 Mei 2022.

Peserta yang lulus dan menjalani karantina sebanyak 20 orang, masing-masing terdiri dari 10 pria dan 10 wanita. 

Hadir di acara Grand Final Pemilihan Duta Wisata Deli Serdang, antara lain Ketua TP PKK Kabupaten Deli Serdang sekaligus salah satu dewan juri Ny Yunita Ashari Tambunan, Wakil Direktur II Politeknik Pariwisata Medan Iwan Riady SSos MSi CHE, Tengku Hj Mira Sinar, Sekda Darwin Zein SSos, Ketua Dharmawanita Persatuan Ny Herawati Darwin Zein, para Asisten bersama Kepala OPD, Kabag, Camat,  para pakar budaya Deli Serdang, dan dewan juri yaitu dr Inaldo Halim M Biomed (AAM) M HKes Dip AAM (USA) CIBTACCIBTAC AIFO-K, Prof Dr dr Elmeida Effendy SP KJ M(K), Dr Femmy I Dalimunthe dan Cintya Gautami (Putri Indonesia Intelegensia) Kayla KDI.

Berita

Copyrights © 2022 All Rights Reserved
Pemerintah Kabupaten Deli Serdang
portal.deliserdangkab.go.id