KPRI Pemkab Deli Serdang Gelar RAT Tahun Buku 2022

Dinas Kominfostan - Deli Serdang 
Jumat, 17 November 2023
 
 
 

DELI SERDANG - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Deli Serdang, HM Ali Yusuf Siregar diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Ir Hj Syarifah Alwiyah MMA mengatakan, Rapat Anggota Tahunan (RAT) dalam sebuah koperasi sudah menjadi sebuah ketentuan umum dan kewajiban yang harus dilakukan.

Tujuannya untuk mengetahui sejauhmana keberhasilan program kerja yang direkomendasikan pada RAT sebelumnya, sekaligus mendengarkan laporan pertanggungjawaban serta melakukan evaluasi dan proyeksi program koperasi tahun berikutnya.

Oleh karena itu, Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang harus mempunyai target dan indikator melalui tahapan-tahapan yang direncanakan sebagai wujud dari pertanggung jawaban pengurus dan pengawas kepada anggota atas kinerjanya. 

"Kenali dan pelajari apa-apa saja yang menjadi kendala yang kerap terjadi, supaya kita bisa evaluasi ke depannya hingga menjadi lebih baik. Jadikan hal itu sebagai bahan perhatian di dalam proses perencanaan kebijakan, agar kebijakan yang nantinya dihasilkan merupakan kebijakan yang benar-benar matang dan terencana dengan baik," ucap Staf Ahli pada RAT KPRI Pemkab Deli Serdang Tahun Buku 2022 di Aula Gedung Pameran Pusat Pengembangan Produk Unggulan Daerah (P3UD) Deli Serdang, Jumat (17/11/2023).

Diharapkan, RAT KPRI Pemkab Deli Serdang menjadi wadah untuk membina, mengembangkan dan memajukan serta mencari solusi dari berbagai permasalahan yang dihadapi, sebagai landasan oprasional dari rencana kerja yang telah disepakati pada tahun sebelumnya.

"Semoga kegiatan ini dapat memberi manfaat besar bagi kesatuan program kerja pengurus KPRI Pemkab Deli Serdang di dalam mewujudkan visi dan misi organisasi. Karena peran KPRI adalah sebagai induk koperasi bagi pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Deli Serdang, dalam membangun dan mengembangkan potensi kemampuan ekonomi anggota maupun peningkatan kesejahteraan ekonomi dan sosial di daerah ini," harap Staf Ahli.

Sebelumnya, Ketua II KPRI Pemkab Deli Serdang, Putra Jaya Manalu SE MM, mengatakan kemajuan koperasi bukan seluruhnya di tangan pengurus atau pengawas, tetapi juga dengan dukungan seluruh anggota. Peran anggota sangat diharapkan, karena koperasi berasal dari anggota dan untuk kesejahteraan anggota.

"Koperasi kita ini telah melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Perkoperasian yang tujuannya agar anggota paham berkoperasi dan mengetahui hak dan kewajibannya. Diklat yang kita laksanakan sudah sampai Angkatan ke-XV dan diharapkan bagi yang telah mengikuti diklat dapat aktif memberikan saran kontribusi dan masukan untuk kemajuan Koperasi kita ini ke depannya," ucap Putra Jaya Manalu.

Sampai saat ini, sambung Putra Jaya Manalu, orientasi KPRI Kabupaten Deli Serdang yang terbesar adalah bergerak dari usaha simpan pinjam. Kebijakan pengurus saat ini adalah pembenahan administrasi, khususnya administrasi keuangan, terutama pada RAT Tahun Buku 2022.

Dipaparkannya, dilihat dari perkembangan KPRI Deli Serdang, secara ekonomi berkembang baik. Hal ini dapat dilihat dari pertumbuhan aset Tahun Buku 2022 sebesar Rp37.142.749.625 dan diharapkan untuk ditingkatkan ke depannya.

"Pertumbuhan dan perkembangan koperasi tentu diharapkan bermuara pada kesejahteraan anggotanya. Untuk itu, kami terus berupaya dan terus berusaha sebagai pengurus dan dewan pengawas untuk mempertahankan THR menjadi 1,2 juta bagi setiap anggota KPRI," sebutnya.

Hal itu tidak mengganggu disabilitas keuangan koprasi, pertumbuhan dan perkembangan koprasi yang baik ini bukan berarti tidak ada kendala yang di hadapai para pengurus dan pengawas. 

Kendala yang ada di antaranya adalah kurangnya disiplin bendahara di unit masing-masing, bahkan masih ada yang menunggak sampai saat ini.

"Untuk itu menjadi perhatian kita semua, dan berharap lewat dukungan dari kita semua seluruh anggota mengingatkan bendahara masing-masing supaya tetap disiplin untuk menyetorkan potongan dan juga simpanan wajib yang sudah diambil melalui bendahara," sebutnya.

Hadir pada RAT tersebut, Pengurus KKP PRI Deli Serdang, Drs Parulian Daulay MPd; Inspektur, H Edwin Nasution SH; Kadis Koprasi dan UKM, Adela Sari Lubis STrKeb MKM; serta para pengurus dan anggota KPRI Pemkab Deli Serdang.