SELAMAT HARI TANI NASIONAL,24 SEPTEMBER 2020 "DAULAT PANGAN DAULAT PETANI"        PATUHI PERATURAN BUPATI DELI SERDANG NO.77 TAHUN 2020, TENTANG PENGGUNAAN MASKER DI TEMPAT UMUM DI WILAYAH DELI SERDANG DAN SEKITAR NYA        KPU DELI SERDANG MENGUNDANG MASYARAKAT DELI SERDANG UNTUK BERPARTISIPASI DALAM PEMUTAKHIRAN DAFTAR PEMILIH BERLANJUTAN TAHUN 2020 DENGAN MENGUNJUNGI WEBSITE KPU DELI SERDANG : Www.kpu.deliserdangkab.go.id ATAU DATANG LANGSUNG KE KANTOR KPU KABUPATEN DELI SERDANG JL:KARYA JASA NO,8 LUBUK PAKAM         SELAMAT HARI PALANG MERAH INDONESIA 17 SEPTEMBER 2020        SELAMAT HARI OLAHRAGA NASIONAL (HAORNAS) 9 SEPTEMBER 2020, TETAP JAGA IMUNITAS TUBUH DENGAN BEROLAHRAGA DI MASA ADAPTASI KEBIASAAN BARU         ADAPTASI KEBIASAAN BARU NEW NORMAL (Pakai Masker, Tetap Jaga Jarak, Rajin Mencuci Tangan, Jalani Pola Hidup Sehat)        MARI WUJUDKAN MASA DEPAN CEMERLANG TANPA NARKOBA,GENERASI MILENIAL BERPRESTASI TANPA NARKOBA "DELI SERDANG LAWAN NARKOBA"        Bersama-Sama Menjaga Kesehatan Diri Sendiri Dan Keluarga Agar Tetap Senantiasa Di Rumah, Terapkan Sosial Distancing Dan Physical Distancing         Informasi Perkembangan Virus Covid 19 Di Kabupaten Deli Serdang Dapat Dilihat Melalui Covid19.deliserdangkab.go.id         Selamat Kepada Pemerintah Kabupaten Deli Serdang Yang Mendapat Penghargaan Adwiyata Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019 Yang Diberikan Oleh Sekda Prop. Sumut Hj R. Sabrina Mewakili Gubernur Sumatera Utara Di Aula Cendana, Lubuk Pakam 24 Februari 2020        Pastikan Diri Anda Tercatat Dalam Sensus Penduduk Secara Wawancara Atau Online Mulai Tanggal 15 Februari S.d 31 Maret 2020 Pada Badan Pusat Statistik Kab. Deli Serdang Atau Partisipasi Secara Mandiri Di Sensus.bps.go.id        Dinas Kesehatan Pemkab. Deli Serdang Menerbitkan Surat Himbauan Tentang Kewaspadaan Dini Terhadap Dampak Bangkai Kholera Babi Yang Dapat Dapat Diunduh Di Https://portal.deliserdangkab.go.id Pada Menu Pengumuman.        SEGERA TUKAR KARTU ATM LAMA ANDA DENGGAN KARTU ATM BANK SUMUT BERLOGO GPN DI BANK SUMUT TERDEKAT        Untuk Cek Berita Hoax Dapat Di Klik Berita Hoax Pada Https://deliserdangkab.go.id       





 Lubuk Pakam...

Pada momentum Hari Keluarga Nasional tahun 2020 ini, Dinas Pengendalian Penduduk,KB dan Pemberdayaan Perempuan,Perlindungan Anak (P2KB-P3A) Kabupaten Deli Serdang capai target akseptor KB, bahkan melewati target yang ditetapkan oleh Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumatera Utara.

Atas pencapaian tersebut, Kabupaten Deli Serdang mendapat piagam penghargaan sebagai Kab/Kota dengan persentase capaian akseptor tertinggi berdasarkan % PPM > 1000 akseptor pada pelaksanaan kegiatan pelayanan KB serentak sejuta akseptor dalam rangka Peringatan Hari Keluarga Nasional Tahun ke –XXVII Provinsi Sumatera Utara Tahun 2020 ,yang diterima langsung Bupati H Ashari Tambunan yang diberikan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara. Penerimaan piagam penghargaan tersebut berlangsung di Aula Cendana Lantai II,Kantor Bupati Deli Serdang ( 1/9) Lubuk Pakam. Hadir juga Ketua TP PKK Deli Serdang Ny. Hj Yunita Ashari Tambunan, Ketua Dharmawanita Persatuan Ny.Herawati Darwin Zein, Asisten I Faisal Arif Nasution, Kadis P2KB-P3A Hj Rabiatul Adawiyah Lubis, Kepala OPD Terkait, Perwakilan Pemerintah Provinsi Sumut,TP PKK Provinsi Sumut, IBI dan Mitra BKKBN.

Bupati Ashari Tambunan dalam sambutannya mengatakan Kita menyadari bersama, pelayanan KB dalam rangka mewujudkan keluarga berkualitas, menghadapi tantangan besar pada masa pandemi Covid 19 persebaran virus corona yang terjadi melalui kontak fisik dan sosial, menyebabkan menurunnya motivasi masyarakat untuk ber-KB, baik peserta KB baru, KB aktif, maupun konversi. Ke khawatiran terhadap efek dari kontak fisik dan sosial di fasilitas kesehatan pada saat pemasangan dan pelayanan KB, dapat menimbulkan terjadinya drop out kepesertaan KB yang jika dibiarkan akan menyebabkan terjadinya baby boom. Tentu saja kita tidak menginginkan hal ini terjadi.

Karenanya, pelayanan KB serentak sejuta Akseptor menjadi solusi strategis dalam mengantisipasi penurunan kepesertaan KB pasangan usia subur pada masa pandemi covid 19, yang pelaksanaanya dilakukan dalam semangat momentum hari keluarga nasional bagi kami pemerintah dan masyarakat kabupaten deli serdang, program pelayanan KB serentak sejuta akspetor merupakan moment strategis untuk terus menjaga konsistensi kepesertaan KB pasangan usia subur di kabupaten Deli Serdang. Alhamdulillah, meski tidak dimaksudkan untuk menjadi yang terbaik dalam pelaksanaannya dan lebih ditujukan pada optimalisasi aksebilitas layanan, ternyata upaya dan semangat kebersamaan seluruh komponen dalam kegiatan tersebut, telah membawa kabupaten deli serdang sebagai kabupaten dengan kategori persentase pencapaian akseptor tertinggi berdasarkan % ppm (perkiraan permintaan masyarakat) > 1.000 akseptor.

Tentu saja kami bersyukur, selain karena angka pelayanan ini membantu dalam pencapaian target kinerja pemerintah deli serdang pada bidang urusan pengendalian penduduk dan KB, juga sekaligus mengurangi kekhawatiran kami terhadap kemungkinan terjadinya baby boom, seperti yang telah diungkap oleh berbagai studi dampak covid 19. Selain itu, kita juga menyadari bahwa program keluarga berencana merupakan tanggung jawab kita semua.

Pada kesempatan ini, saya mewakili pemerintah kabupaten Deli Serdang mengucapkan selamat kepada perwakilan BKKBN provinsi sumatera utara yang telah melaksanakan pelayanan KB sejuta akseptor serentak di seluruh kabupaten/kota se sumatera mendapatkan peringkat terbaik ke-II tingkat nasional dan juga kami mengucapkan terima kasih kepada perwakilan BKKBN provinsi Sumatera Utara atas penghargaan yang diberikan kepada Kabupaten Deli Serdang, tentu saja hal ini akan menjadi motivasi bagi kami untuk terus mengoptimalkan dan mengembangkan konsisten program dan kegiatan bidang kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga di kabupaten deli serdang. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran tni, camat dan semua pihak yang telah melaksanakan dan membantu kegiatan pelayanan KB sejuta akseptor, sehingga kabupaten deli serdang dapat menjadi terbaik dalam pelaksanaannya di tingkat provinsi sumatera utara, dengan pencapaian 4.667 akseptor dari target sebesar 1.690 akseptor atau sebesar 276 %.

Sebelumnya, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara, Drs. Temazaro Zega antara lain mengatakan Hari ini, kita mengadakan peringatan Hari Keluarga Nasional. Tahun 2020 adalah perayaan hari keluarga nasional ke 27 kita lakukan. Tahun ini Tuan Rumah Harganas 2020 Nasional yaitu Sumatera Barat,mengingat pandemi covid 19 tidak bisa lakukan perayaan-perayaan secara seremonial. Sehingga Kepala BKKBN RI menindaklanjuti arahan dari Bapak Presiden Bahwa dalam situasi pandemi covid ini pemerintah daerah dan seluruh jajaran harus memastikan kehadirannya ditengah- tengah masyarakat untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat semua aspek pembangunan. Dan salah satu diantaranya di bidang kependudukan dan keluarga berencana. Oleh karena itu di tahun 2020 ini telah diputuskan bahwa pada tanggal 29 juni yang kita peringati setiap tahunnya sebagai hari keluarga nasional dilakukan pelayanan KB serentak sejuta akseptor dimasyarakat dengan mengacu pada protokol kesehatan.

Gerakan yang dilakukan oleh masyarakat melalui pemerintah daerah diseluruh Indonesia mendapat hasil yang cukup luar biasa. Sehingga tercatat didalam rekor muri. Walaupun didalam situasi covid seperti ini. Dan untuk kita Sumatera utara diberi target 50.000 – 53.000 orang, tetapi kita mencapai 73.000 orang lebih di sumatera utara. Dan diantara kabupaten kota ini semua dari 33 kabupaten kota yang ada di sumatera utara yang terbanyak yang melakukan pelayanan KB adalah Kabupaten deli serdang. Sehingga dari analisis penilaian- penilaian yang dihitung/dinilai oleh tim BKKBN dan mitra terkait, ternyata Deli serdang menduduki posisi nomor 1. Jadi Kabupaten Deli Serdang ini juara 1 dalam pelayanan sejuta Akseptor di Sumatera Utara. Sehingga pimpinan BKKBN RI melalui Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Utara mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Bupati, Ibu Ketua TP PKK dan seluruh jajaran pimpinan organisasi perangkat daerah yang Telah melakukan pelayanan kepada masyarakat di Deli Serdang.