Bupati H Ashari Tambunan Hadiri Penyaluran Dana Zakat Baznas Deli Serdang Tahun 2019

Lubuk Pakam

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Deli Serdang menyalurkan zakat dan infaq sebesar Rp 371.520.000. Penyaluran zakat dan infaq yang berlangsung di gedung PGRI Deli Serdang,Kamis (11/07) tersebut dihadiri Bupati Deli Serdang, H Ashari Tambunan; Asisten I Dedy Maswardi,Ketua Baznas Deli Serdang, H Zulkarnain Nasution beserta unsur pengurus, Para OPD, Para Camat,BNN dan penerima zakat.

Ketua Baznas Deli Serdang H Zulkarnain Nasution melaporkan,penyaluran zakat pada triwulan kedua ini sebasar Rp 371.520.000. Terdiri dari zakat bagi 200 orang kaum dhuafa sebesar Rp 60 juta,bantuan zakat untuk da'i kecamatan sebanyak 110 orang dengan jumlah Rp 55 juta.Bantuan paket kursi roda sebanyak 48 unit sebesar Rp 44,5 juta,bantuan guru mengaji 60 orang Rp 30 juta,serta bantuan lainnya.Sedangkan pada triwulan pertama disalurkan kepada 1.350 fakir miskin dengan jumlah Rp 405 juta.Bahkan dalam tempo 6 bulan sudah terkumpul Rp 837.480.000.Kita berharap hingga akhir 2019 zakat yang terkumpul mencapai Rp 1,5 miliar.Sementara pengumpulan zakat tahun 2018 sebesar Rp 1,3 miliar,"kata Zulkarnain.

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan mengatakan,Baznas memiliki peranan yang cukup besar.Apa lagi dari tahun ketahun zakat dan infaq terus bertambah.Bahkan,bantuan yang diberikan merupakan zakat dari ASN diyakini akan semakin meningkat.Meski demikian,jumlah yang diperoleh saat ini masih kecil dibanding potensi ASN yang ada di Deli Serdang.

"Berdasarkan potensi ASN di Deli Serdang seharusnya dana zakat tersebut dapat terhimpun lebih dari Rp 2 miliar pertahun.Karenanya,ini menjadi perhatian kita bersama.Seperti diketahui,pembayaran zakat merupakan ibadah dan ini sesuai dengan visi Kabupaten Deli Serdang menjadikan masyarakat yang relegius dan bersatu dalam kebhinekaan,"kata Ashari Tambunan.

Ia juga mengingatkan kepada seluruh pejabat didaerah itu agar menggerakkan stafnya yang beragama Islam untuk membayar zakat.Ashari juga menyampaikan candaan bahwa orang yang pelit membayar zakat,maka kuburannya juga akan sempit.

"Kekayaan atau pun harta yang kita miliki tak akan berkurang dengan membayar zakat,dan tak akan membuat kita miskin.Sebab,bantuan zakat yang disalurkan kepada fakir miskin atau merekan yang membutuhkan akan mendapat amal ibadah yang begitu besar dari Allah,"Ucap Ashari Tambunan

Bantuan Dana Zakat dengan rincian,untuk anak fakir miskin 200 orang,bantuan kursi roda 48 orang,fisabilillah/Da’i 110 orang, guru ngaji 60 orang,bantuan beasiswa SD/MI,SMP/MTs,SAM/MA,Perguruan Tinggi untuk 245 Orang,bantuan Pendidikan Yayasan Cerdas Muslimat. Sedangkan Bantuan dana Infaq dengan rincian bantuan pembangunan masjid/musholla sebesar Rp. 20.000.000 dan bantuan Perobatan/BNN sebesar Rp. 18.000.000.Total penyaluran dana zakat dan infaq adalah Rp. 371.520.000    



Berita

Hak Cipta © 2023
Pemerintah Kabupaten Deli Serdang