14 April 2022

Calon Kepala Desa Dan Pendukung, Harus Siap Menang ataupun Kalah

Lubuk Pakam

Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Deli Serdang, Drs Citra Effendi Capah MSP, mengapresiasi Polresta Deli Serdang, dan satuan kerja (satker) di daerah lainnya, dalam upaya pengamanan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2022.

"Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Deli Serdang, sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas diselenggarakannya Operasi Mantab Huta Toba 2022, sebagai pengamanan pelaksanaan Pilkades serentak gelombang I tahun 2022 di 304 desa di Kabupaten Deli Serdang. Semoga, pelaksanaan Pilkades serentak berjalan lancar, aman dan terkendali," kata Asisten I pada acara Apel Kesiapan dan Tactical Floor Game (TFG) di Aula Terbuka Polresta Deli Serdang, Senin (11/4/2022).

Dijelaskan Asisten I, tahapan Pilkades sudah dijalankan sejak awal pada 2021 lalu.

"Mulai tahapan, dan terakhir Deklarasi Damai. Nanti pelaksanaan masa kampanye, kemudian minggu tenang, dan 18 April dilaksanakan Pilkades serentak yang ada beberapa wilayah hukum (wilkum), Polresta Deli Serdang, Polrestabes Medan, Polres Binjai, dan Polres Pelabuhan Belawan. Deklarasi Damai menyatakan sikap para calon kepala desa siap kalah, siap menang. Yang sudah menang, yang kalah akan menerima secara legowo," jelas Asisten I.

Namun, sambung Asisten I, kesepakatan dalam Deklarasi Damai terkadang tidak sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan.

"Tapi kenyataan yang terjadi di lapangan, hal ini tidak sering terlaksana sesuai komitmen. Kadang kala simpatisannya yang tidak siap kalah dan siap menang, dan itu mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan. Mari bekerjasama dan sama-sama bekerja, sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing. Jajaran Pemkab harus bersikap netral, tidak ada pilih kasih atau dukung yang mana," tegas Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat

Sebelumnya, Kapolresta Deli Serdang, Kombes Pol Irsan Sinuhaji SIK dalam sambutannya menjelaskan bahwa Tactical Floor Game (TFG) Ini Dilaksanakan Untuk Mematangkan rencana ataupun strategi pengamanan Pilkades serentak Gelombang I Tahun 2022 di Kabupaten Deli Serdang dan untuk mengetahui cara bertindak pada saat pelaksanaan pengamanan nanti sehingga para anggota yang terlibat dalam pengamanan Pilkades dapat memahami tugas Pokok, fungsi sekaligus peran masing-masing.

Begitu juga dengan Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda Sumut, Kombes Pol. Desman Sujaya Tarigan SH, mengajak seluruh personil baik stakeholder yang terkait dalam pengamanan Pilkades ini untuk dapat bersinergi dan bekerja sama mensukseskan Operasi Mantap Huta 2022.

"Mari Kita Sama – Sama Bekerja Dan Bekerja Sama Dalam Mengamankan Pelaksanaan Pilkades Di Wilayah Kab. Deli Serdang Sehingga Aman Dan Kondusif Dan semoga tidak ada gejolak ataupun Guantibmas dalam Giat Pesta Rakyat Pilkades Serentak Gelombang I Tahun 2022 Di Wilayah Kab. Deli Serdang ini.” Harapnya

Kegiatan ini turut dihadiri Kasdim 0204/DS Mayor Czi T.M. Panjaitan SH, Kasubsi bidang Intelijen Kejari Deli Serdang Eddy Sanjaya SH, Kadis PMD Drs. Khairul Azman MAP, Kasatpol PP Marjuki, Sekretaris Dinas Perhubungan Taufik Israd Harahap, S.Sos MAP, Para Camat bersama Kapolsek di wilayah hukum Polresta Deli Serdang dan beberapa Dandramil.

Berita

Copyrights © 2022 All Rights Reserved
Pemerintah Kabupaten Deli Serdang
portal.deliserdangkab.go.id