Bupati Deli Serdang, H. Ashari Tambunan, pimpin Apel Siaga Sensus Pertanian Tahun 2023 di Halaman Kantor Bupati Deli Serdang, Selasa (30/5/2023).

Dalam sambutannya Bupati menuturkan, Penyelenggaraan Sensus Pertanian dilakukan BPS sejak Tahun 1963, dimana Sensus Pertanian 2023 adalah yang ketujuh kalinya. Hasil ST.2023 sangat penting bagi Pemerintah juga bagi Para Pelaku usaha disektor Pertanian, karena data yang dihasilkan dari ST.2023 ini merupakan pijakan untuk merancang masa depan Pertanian dan Pangan kedepan, diharapkan Sensus Pertanian ini juga dapat menjawab Isu-isu Kunci Pertanian dan Pangan Global, antara lain; Ketahanan Pangan, Ketersediaan, Akses, Keterjangkauan, Kualitas dan Keamanan Pangan serta keberlanjutan secara sosial, ekonomi dan lingkungan. Beberapa waktu yang lalu para petugas ST.2023 telah mendapatkan pelatihan secara intensif dari para Instruktur, dan telah dinyatakan lulus sebagai Petugas Lapangan ST.2023, diharapkan saudara sudah memahami konsep dan definisi serta SOP yang akan digunakan pada pelaksanaan Pendataan di lapangan, sehingga mendapatkan data statistik pertanian yang lengkap dan akurat supaya diperoleh gambaran yang jelas tentang struktur pertanian. “Tugas saudara bukan hanya selesai pada saat mengumpulkan dokumen hasil pencacahan, tetapi tanggung jawab moral yang saudara pikul adalah bagaimana kualitas hasil pencacahan yang sudah saudara lakukan, dan hasil pencacahan saudara akan digunakan pada berbagai kebijakan pemerintah di bidang pertanian,” kata Bupati H. Ashari Tambunan.

Untuk itu, Apel Siaga yang kita laksanakan pagi hari ini adalah sebagai momentum penyemangat bagi kita semua dan secara simbolis kita nyatakan sebagai tanda kesiapan kita untuk menyongsong dimulainya pelaksanaan ST.2023 yang akan dilaksanakan mulai tanggal 1 Juni s/d 31 Juli 2023. Tanggal 1 Juni sudah di depan mata, segala persiapan dan pelatihan sudah saudara lewati. Tidak ada kata mundur, yang ada hanyalah kata siap, siap dan maju terus. Bupati berpesan, kepada seluruh petugas agar bekerja dengan penuh keikhlasan, penuh semangat dan tanggung jawab tinggi. Apa yang anda kerjakan ini akan sangat berguna bagi bangsa dan negara serta mendapatkan pahala yang setimpal dari Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Patuhi SOP dan jadwal yang yang telah ditetapkan dan jalin komunikasi serta koordinasi dengan semua aparatur pemerintah di kecamatan, desa/kelurahan bahkan dusun/lingkungan, dan antar petugas Pendataan di lapangan.

Lebih lanjut, Apel ini juga dirangkai dengan Penyematan Perlengkapan secara Simbolis kepada Petugas Lapangan Sensus Pertanian Tahun 2023 oleh Bupati Deli Serdang didampingi oleh Kepala BPS, Unsur Forkopimda Kabupaten Deli Serdang dan Sekretaris Daerah Kabupaten Deli Serdang, Asisten II Pemkab Deli Serdang H Khoirum Rizal, ST, sekaligus pelepasan burung merpati dan balon ke udara sebagai tanda dimulainya Sensus Pertanian Tahun 2023 Kabupaten Deli Serdang.

Turut hadir, mewakili Dandim 0204/DS Kasdim 0204 / DS Mayor Czi. TM. Panjaitan, SH; mewakili Kapolresta Kabupaten Deli Serdang Kasat Sabhara Polresta Deli Serdang Kompol B. Panjaitan; Kadis Pertanian Kabupaten Deli Serdang Rahman Saleh Dongoran, SP; Kadis Kominfostan Kabupaten Deli Serdang Christina Helen Siagian, S.Sos; Kadis Ketapang Kabupaten Deli Serdang T. Zaki Aufa S.Sos.