Bupati Buka Festival Kuliner Deli Serdang dan Culture Night 2023

Dinas Kominfostan - Deli Serdang
Jumat, 30 Juni 2023
 
 
Deli Serdang - Bupati Deli Serdang, H. Ashari Tambunan Membuka Festival Kuliner Deli Serdang sekaligus Culture Night Tahun 2023 di Plaza Kuliner Deli Serdang, Jalan Negara, Petapahan, Kecamatan Lubuk Pakam, Jumat Sore (30/6/2023)

Acara yang diadakan dalam menyambut dan memeriahkan Hari Jadi ke-77 Kabupaten Deli Serdang itu ditandai dengan pembukaan tudung saji oleh Bupati Deli Serdang.

Di kesempatan itu, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Deli Serang, Ny. Hj. Yunita Ashari Tambunan dalam penyampaiannya mengatakan event tersebut bertujuan untuk mempromosikan pariwisata dan produk-produk kuliner Usaha Kecil Menengah (UKM) serta ekonomi kreatif Kabupaten Deli Serdang.

"Dan juga untuk menggerakkan masyarakat untuk mencintai, membeli dan menggunakan produk UKM lokal maupun nasional buatan anak bangsa serta sebagai wadah apresiasi bagi para pelaku ekonomi kreatif dan UKM kuliner Kabupaten Deli Serdang," kata Ketua PKK Deli Serdang.

Event yang diikuti 82 tenant atau pelaku UKM binaan TP PKK Deli Serdang, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) dan Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) tersebut dimulai, Jumat (30/6/2023) sampai Minggu (2/7/2023). Dibuka mulai pukul 10.00 WIB sampai 22.00 WIB.

Rangkaian acara yang diselenggarakan di hari pertama penyelenggaraan, antara lain: Perlombaan memasak bagi TP PKK se-Deli Serdang, Pameran dan Bazar UMKM Deli Serdang, Pasar Murah Disperindag Sumatera Utara, hiburan musik dari Mars Production, Stand Up Comedy dan Ketoprak Dor.

Di hari kedua, Sabtu (1/7/2023), ada Pameran dan Bazar UMKM Deli Serdang, pasar murah Disperindag Sumatera Utara, Festival Seni dan Budaya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), musik, tarian, Stand Up Comedy dan Pagelaran Teater Timun Mas.

Hari ketiga, Minggu (2/7/2023), pameran dan Bazar UMKM Deli Serdang, pasar murah Disperindag Sumatera Utara, Demo masak dari Politeknik Pariwisata Medan, hiburan musik, tarian, Stand Up Comedy dan penampilan Teater Bangsawan.

Sementara itu, Bupati menjelaskan Kabupaten Deli Serdang memiliki beragam suku, ras dan budaya yang kaya akan kuliner khas dan unik serta cita rasa enak, seperti: Gulai Masam, Anyang Pakis, Kue Rasidah, Kue Dangai dan kuliner lainnya.

"Kita patut bersyukur, dengan kemajemukan penduduk di kabupaten ini menjadikannya kaya dengan beragam potensi kuliner yang tak ternilai harganya. Dan, apabila dimanfaatkan akan menjadi penopang utama dalam pengembangan industri pariwisata dan berpotensi untuk dipromosikan ke tingkat lebih tinggi, nasional bahkan internasional," kata Bupati.

Penyelenggaraan event tersebut, ucap Bupati lagi, merupakan langkah tepat untuk mempromosikan dan meningkatkan perekonomian masyarakat, terutama pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)

"Semoga melalui festival ini, kuliner dari Kabupaten Deli Serdang bisa semakin berkembang dan mendorong para UMKM untuk terus berkreasi, sehingga potensi-potensi ekonomi dapat bergerak dan kesejahteraan masyarakat akan meningkat. Mari kita bangga, kita dukung dengan mempromosikan kuliner Deli Serdang, dan selalu ingat, kuliner Deli Serdang itu enak dan lezat sekali rasanya," ajak Bupati.

Penyelenggaraan event itu juga, kata Bupati lagi, menandai pertama kalinya penggunaan Plaza Kuliner. "Walaupun belum semuanya rampung, namun di hari istimewa ini kita sudah bisa memakainya. Mari dukung dan doakan, agar pembangunan Plaza Kuliner Deli Serdang segera terselesaikan, sehingga masyarakat bisa menikmati keberadaan plaza ini sekaligus menikmati berbagai kuliner yang disajikan di sini," ujar Bupati.

Bupati berharap, event tersebut bisa menjadi agenda rutin untuk mempromosikan dan melestarikan kuliner khas Kabupaten Deli Serdang.
 
Hadir di acara itu, Dandim 0204/DS, Letkol Czi Yoga Febrianto, SH, MSi; perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Deli Serdang; perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Wahyu Yuwana Hidayat, SE, MH; Manager Operasional, Badan Urusan Logistik (Bulog), Erlinawati, ST; Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Utara, Ir. Sujatmiko, MSi; Sekretaris Daerah Deli Serdang, H. Timur Tumanggor, S.Sos, MAP, bersama Ketua Dharmawanita Persatuan Deli Serdang, Ny. Hj. Boya Timur Tumanggor; pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Deli Serdang; Camat; perwakilan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), swasta dan Pelaku UKM Deli Serdang.