SELAMAT HARI PERHUBUNGAN NASIONAL TAHUN 2018 YANG KE- 73 TAHUN         PEMKAB DELI SERDANG MENGUCAPKAN SELAMAT HARI PMI PALANG MERAH INDONESIA YANG KE-73 TAHUN DAN SELAMAT HARI KEMANUSIAAN "TERUSLAH MENGABDI UNTUK KEMANUSIAAN UNTUK KEJAYAAN INDONESIA ".         MARI KITA SUKSESKAN MTQ NASIONAL XXVII TAHUN 2018 DI PROPINSI SUMATERA UTARA PADA TANGGAL 4 S.D 13 OKTOBER 2018 MEDAN - DELI SERDANG DENGAN TEMA MTQ MEWUJUDKAN REVOLUSI MENTAL MENUJU INSAN YANG QURAINI        RAPAT PLENO KPU MENETAPKAN TERPILIHNYA CALON BUPATI WAKIL BUPATI DELI SERDANG H ASHARI TAMBUNAN DENGAN DRS H M ALI YUSUF SIREGAR MAP PADA PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI DELI SERDANG TAHUN 2018.       

IKLIM DAN WILAYAH

 

deli-serdang-250k-001-001Topologi Wilayah Kabupaten Deli Serdang terdiri dari daerah pantai, dataran  rendah dan dataran tinggi pegunungan dengan luas ± 2.497.72 Ha terdiri dari 22 kecamatan, 380 desa dan 14 kelurahan.Datarann pantai terdiri dari 4 kecamatan ( Hamparan Perak, Labuhan Deli, Percut Sei Tuan,dan Pantai Labu ). Jumlah Desa sebanyak 64 Desa/Kelurahan

Potensi Utama adalah: Pertanian Pangan,Perkebunan Rakyat,Perkebunan Besar, Perikanan Laut, Pertambakan, Peternakan Unggas dan Pariwisata.

Dataran Rendah terdiri dari 11 kecamatan ( Sunggal, Pancur Batu, Namorambe, Deli Tua, Batang Kuis, Tanjung Morawa, Patumbak, Lubuk Pakam, Beringin, Pagar Merbau,dan Galang ) dengan jumlah  desa sebanyak 197 desa/kelurahan.

Potensi Utama adalah: Pertanian Pangan,Perkebunan Besar,Perkebunan Rakyat, Peternakan, Industri, Perdagangan dan Perikanan Darat.

Dataran Tinggi/Pegunungan terdiri dari 7 kecamatan ( Kutalimbaru, Sibolangit, Biru-biru, STM Hilir, STM Hulu, Gunung Meriah, Bangun Purba ) dengan jumlah desa sebanyak 133 desa.

Potensi Utama adalah: Pertanian Rakyat, Perkebunan dan Peternakan.

 

IKLIM

Kabupaten Deli Serdang mempunyai  2 ( dua ) musim yaitu: musim hujan dan musim panas ( kering ).